Menu
+6281 390 855 972
+6281 390 855 972

Mebel Jati Jepara Dengan Kualitas Pohon Terbaik

Tuesday, September 13th 2016.

mebel jati jepara
Salah satu penghasil mebel atau furniture dari bahan kayu jati adalah kota Jepara. Kota Jepara merupakan salah satu sentra produksi dari mebel Jati Jepara . Tak hanya itu, kota ini juga mengolah bahan mebel atau furniture dengan kayu jenis lain. Istimewanya, Jepara memiliki sebutan sebagai kota dengan seni ukir yang terbaik. Sehingga banyak dari sebagian masyarakat disana berprofesi sebagai ahli ukir mebel Jati Jepara.

Pohon Jati merupakan bahan baku yang banyak diminati oleh masyarakat untuk menghiasi dekorasi furniture rumah. Karenanya, pohon ini banyak ditemukan di perkebunan Asia Tenggara dengan penghasil jenis kayu yang mutunya sangatlah tinggi. Sifatnya yang tahan dengan perubahan cuaca atau musim. Selain itu, pohon Jati memiliki lapisan minyak pada kayu galihnya yang tahan terhadap air. Hal ini akan melindungi pohon jati dari pembusukan akibat serangan serangga ataupun bakteri.

Apalagi pohon jati ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis kayu lainnya. Salah satunya ia memiliki serat tebal yang membuatnya lebih mudah untuk dipotong dan dipahat dalam bentuk apapun. Sehingga inilah yang membuat alasan pohon jati dijadikan bisnis untuk  pengembangan mebel Jati Jepara. Ada beberapa jenis kayu yang sering dipakai untuk furniture Jati diantaranya

Jenis Kayu Sebagai Pengembangan Bisnis Mebel Jati

  1. Kayu Jati Rakyat
    Pohon ini cenderung banyak bengkokan di batangnya sehingga kayu ini dapat dibengkokan. Selain itu kayu ini murah dan awet. Pertumbuhannya sekitar 15 hingga mencapai 25 tahun, dan pada masa itu sudah siap untuk ditebang untuk dijadikan kayu.
  2. Kayu Jati Emas
    Pohon Jati yang memiliki masa pertumbuhan lebih cepat dari Jati lainnya. Hanya dengan waktu 7 hingga 15 tahun, pohon ini siap ditebang. Karakteristik dari kayu ini berbatang lurus tanpa bengkok
  3. Kayu Jati Perhutani
    Pohon ini dikelola oleh perhutani dari mulai pembimbitan, penebangan, hingga pemasarannya. Biasanya kayu ini disebut dengan kayu jati TPK yang telah memiliki kualitas lebih bagus dibanding kayu jati lainnya. Jenis ini lebih awet dan unggul karena perawatannya sangatlah baik. Harganya pun relative mahal sesuai dengan kualitas keunggulannya.

Perlu untuk diketahui, pohon Jati yang sudah tua berumur 40 tahun  merupakan Jati terbaik yang siap ditebang untuk dijadikan bongkahan kayu. Apalagi semakin tua umur pohon Jati, maka semakin baik kualitas kayu yang dimilikinya.

Sebelum Anda memotong pohon jati, kadar air  yang ada di dalam kayu harus dikeringkan terlebih dahulu dari pohon. Caranya dengan membuat potongan pada sisi bawahnya. Proses ini membutuhkan waktu 1 hingga 2 tahun untuk bisa dapatkan pohon Jati kering yang siap dipotong menjadi kayu jati dengan kualitas terbaik. Setelah itu barulah kayu jati siap dibentuk sesuai dengan pemesanan. Seni ukirnya juga dapat divariasikan sesuai keinginan Anda.

Nah inilah artikel mengenai keunggulan kayu Jati yang Anda bisa kembangkan pada produk Mebel Jati Jepara.

Related Post